Orang Buta Pakai Senter

orang butaSeorang kakek buta berjalan tengah malam di jalan setapak. Tanpa bantuan orang lain, kakek itu tetap berjalan dengan dibantu tongkat setianya. Tapi anehnya di tangan yang lain dia menggunakan senter untuk penerangan jalan. Lalu di paruh perjalanannya kakek itu berpapasan dengan anak muda, ”kek untuk apa kakek memakai senter? Bukankan kakek sudah punya tongkat dan kakek juga  tidak bisa melihat?”.

Orang buta itupun menjawab, ”benar nak, senter ini memang sama sekali tidak bermanfaat bagi saya. Tetapi sejak saya buta, hampir hidup saya tidak memberikan manfaat untuk orang lain, maka biarlah senter ini menerangi jalan dan bermanfaat bagi orang lain. Selain untuk penerangan, senter ini juga bermanfaat bagi saya agar tidak ditabrak oleh orang lain di kegelapan malam…”

Sungguh sebuah kemuliaan hati, ternyata orang buta itu merasakan bahwa sesungguhnya ketika kita sedang memberi suatu manfaat kepada orang lain, di saat yang sama kitapun sedang menerima suatu manfaat dari orang lain.

“Ketika kita menolong orang lain, maka pada saat yang sama kita sedang menolong diri kita sendiri. Inilah rahasia kehidupan yang tersembunyi bagi banyak orang. Bukan berarti mereka tidak melihat kebenaran ini, tapi mereka tidak mempercayainya”

Leave a Comment